Minggu, 11 Oktober 2015

Mengenal Interface Unity3d

Hai, ini adalah postingan pertama ane tentang Tutorial Unity3D nih hahaha... Ok Kali ini ane bakal ngejelasin komponen apa saja sih yang harus kalian kenal di Unity. Nah disini saya akan pakai beberapa versi Unity, Kenapa? yah sebagai pembanding antara versi Jadul dengan versi yang "mutakhir" . Ok sebelumnya kalian harus persiapkan dulu Unity kalian. Terserah mau versi berapapun yang penting Unity 3D (Usahakan versi 3.xx keatas, karena untuk versi 2.xx kebawah sudah terlalu jadul ) . Ok Langsung di mulai ...



Basic Inteface (Unity 3.5.7)
Ok kalo agan bikin project baru, maka tampilan itulah yang bakal agan lihat untuk pertama kali, Nah sekarang ayo kita bongkar komponennya satu persatu.






  • Ada Hierarchy Panel



  • Di Panel ini akan tampil semua daftar object yang ada di dalam satu Scene atau Level . Kita akan sering sekali berinteraksi dengan panel dalam urusan seleksi Object, modifikasi komponen object, membuat Prefabs , memasukkan script dan lain sebagainya






  • Ada Project Panel


  • Di Panel akan tampil semua Asset kita, baik itu berupa Script, Model, Suara, dan Texture. Disini juga kita bisa menyimpan data berupa Plugin, Prefabs, GUISkin, dan berbagai data lainnya. Oh yah,,,, kalo kalian menghapus data di Project Panel, terus kalian ingin data itu kembali lagi, Kalian restore buka dari Recycle Bin saja... Karena Unity akan membuang asset kalian ke Recycle bin jadi amaaan :D






  • Ada Inspector Panel


  • Di Panel ini akan muncul semua komponen yang ada di dalam Object yang di seleksi, seperti yang kita lihat di screenShot di atas, di Object Cube (Lihat Hierarchy Panel), terdapat komponen Transform, Mesh Filter, Box Collider, dan Mesh Render. Nah di panel ini juga kita dapat berinteraksi dengan Objectnya secara langsung, seperti merubah variable script, menonaktifkan Object, merubah posisi-rotasi-skala secara akurat, dan lain sebagainya. So, Inget-inget panel ini :D






  • Ada Scene View


  • Nah, Kalo panel ini,,, ini tempat bermain kita brooo :D ,,, disini kalian bisa berinteraksi dengan object-object yang ada di game kalian. Disinilah kalian akan mengeluarkan semua bakat kalian dalam dunia mendisain game (Game Designer) seperti mengatur tata cahaya, mengatur tempat atau object, mengatur object-object yang akan dijadikan linkungan (Environtment), mengatur posisi respawn player dan musuh dan lain sebagainya






  • Ada Game View


  • Disinilah tampilan game kalian,,, di Panel ini, kalian akan melihat Preview dari game kalian. jadi kalo tampilan game agan bagus, yang bagus lah hasilnya. tapi kalo jelek... hmmm di bagusin lagi deh :D

    Oh yah, Panel-panel ini, bisa kalian pindah-pindahkan ke mana saja. tinggal Drag Tab Panel nya ke posisi yang diinginkan. contohnya


    Kalian juga bisa bikin LayOut kalian sendiri misalnya:

    2 by 3 View (Unity 3.5.7)
    4 Split View (Unity 3.5.7)
    Tall View (Unity 3.5.7)
    Wide View (Unity 3.5.7)


    Ok cukup sekian dulu untuk perkenalan interface Unity3D, sekarang kalian bisa melanjutkan ke posting Dasar Navigasi Unity3D untuk mempelajari tentang cara "memainkan" Unity
    HAPPY DEVELOPING :D
    banner
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar:

    Jika agan punya uneg-uneg, atau pendapat lain dari Postingan ini. Feel free to Comment below :) .